Belajar di Nicolaus Copernicus University

Nicolaus Copernicus University (NCU) adalah salah satu universitas terbaik di Polandia. NCU didirikan pada tanggal 24 Agustus 1945 di Kota Torun, Provinsi Kujawsko-Pomorskie. Nama universitas sendiri diambil dari salah seorang ilmuwan besar pada masa renaissance Eropa, yakni Nicolaus Copernicus yang terkenal sebagai seorang ahli pada bidang astronomi, matematika, hingga kedokteran . Jika kita kurang familiar dengan nama Nicolaus Copernicus, mungkin kita akan lebih familiar dengan istilah Heliocentric yakni istilah yang menjelaskan bahwa matahari adalah pusat dari tata surya. Nicolaus Copernicus adalah orang jenius di balik gagasan tersebut.

Leading Research University

NCU sebagai sebuah institusi yang menyandang nama ilmuwan terkenal menjadi tolak ukur dari komitmen akan kualitas pendidikan di NCU untuk melahirkan the next Nicolaus Copernicus.

Dokumentasi Pribadi

Jika boleh dibilang, NCU menerapkan prinsip kualitas pendidikan di atas segalanya. Tak heran, komitmen NCU dalam menjaga sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan berbuah manis. Tidak jarang NCU mendapatkan berbagai macam penghargaan research di tingkat dunia dan nasional. Para tenaga pengajar juga tidak kalah hebat, banyak yang sudah diakui kepakaran dan keilmuannya di dunia dan masuk dalam jajaran top researcher. Lulusannya pun banyak berkiprah di banyak bidang, mulai dari politik, bisnis, dan lainnya.

Belajar di NCU

Belajar di NCU berarti harus fokus dan memperbanyak waktu untuk belajar. Kedua hal itu penting untuk dimiliki oleh masing-masing mahasiswa di NCU agar bisa menjawab ekspektasi dosen yang tinggi terhadap para mahasiswa. Penulis bisa katakan ekspektasi dosen terhadap mahasiswa di NCU tinggi berkaca dari pengalaman di kelas dan juga sewaktu ujian akhir semester.

Dokumentasi Pribadi

Di kelas, kita banyak disuguhkan dengan studi kasus, diskusi makalah, tugas kelompok, maupun menyusun makalah. Pun sewaktu ujian akhir, soal-soal maupun tugasnya cukup sulit untuk diselesaikan. Jadi jangan berharap mendapat nilai yang tinggi jika hanya berusaha biasa, ekspektasi dosen NCU itu tinggi. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pelajar di NCU.

Namun belajar di NCU juga bisa menjadi sangat menyenangkan. Para dosen yang mengajar sangat kooperatif. Demikian pula dengan para staf pendidikan yang lain. Tidak jarang mahasiswa dibantu untuk menyelesaikan permasalahan dengan cepat, birokrasi kampus NCU benar-benar terbaik.

Dokumentasi Pribadi

NCU juga banyak menjadi tujuan dari mahasiswa Erasmus di Eropa. Kita bisa menemui berbagai macam orang dari banyak negara di benua Amerika, Eropa, Asia, dan bahkan Afrika. Lingkungan NCU bisa dibilang adalah miniatur dunia yang harmonis, toleransi, aman, dan nyaman. Kita bisa mempunyai banyak teman sekaligus belajar banyak hal selain dunia akademik di NCU.

Kehidupan Kampus

Bicara tentang kehidupan kampus, NCU lekat dengan dunia akademis. Namun di samping itu, ada banyak fasilitas maupun kegiatan lain diluar akademis seperti fasilitas olahraga, pentas, barbeque space, gym room, dan masih banyak lagi.

Dokumentasi Pribadi

Belajar di NCU juga berarti bergaul dengan orang dari berbagai budaya dan asal. Apalagi jika kita menempati salah satu asrama kampus (dorm). Sudah pasti kita akan banyak bertemu orang dari berbagai latar belakang dan budaya. Tidak heran, kadang ada acara food sharing siswa antar negara. Saling mencicipi makanan khas masing-masing sambil bercerita, belajar bahasa, dan berbagi pengalaman. Ini sangat menyenangkan!

Sesekali ketika ada libur, para mahasiswa secara berkelompok pergi untuk berlibur, baik itu ke kota sebelah ataupun keluar negeri. Mengingat di Polandia banyak kota indah dan tempat bersejarah, kita tak akan kehabisan tempat untuk dikunjungi. Bagi yang malas untuk liburan jauh, mengunjungi Medieval Town of Toruń bisa menjadi pilihan terbaik. Disana banyak bangunan bersejarah dan juga museum yang telah diakui oleh UNESCO. Nah untuk yang suka travelling, berkunjung ke negara-negara lain di Eropa dapat menjadi pilihan.

Dokumentasi Pribadi

Jika winter tiba, kita juga bisa menikmati dingin dan indahnya salju. Berhubung kampus NCU dikelilingi oleh hutan, saat salju turun otomatis semuanya berubah menjadi putih, dan itu sangat indah. Saat tumpukan salju sudah mulai tebal, teman-teman bisa juga bermain salju. Sekedar membuat boneka salju atau bermain seluncuran yang sangat seru dan menantang adrenalin.

Dokumentasi Pribadi

Sekian dulu kisah singkat dari Nicolaus Copernicus University di Toruń, Polandia. Nanti kita cerita lagi tentang NCU ini 😁

Tentang Penulis:

Muhammad Zikril Hakim, sehari-hari akrab dipanggil Zikril. Saat ini sedang menempuh studi di Nicolaus Copernicus University jurusan International Economics and Finance. Zikril adalah salah satu mahasiswa yang mendapat Erasmus+ Grant dengan skema Triple Diploma Program di Macerata University Italia dan University of Angers Prancis. Zikril menyukai alam dan petualangan, baginya perjalanan adalah sebuah pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.