Biaya Bulanan

Biaya Hidup di Polandia

(Ditulis oleh: Nafila Syifa Haura, Kraków, Polandia)

Polandia, meski terletak di benua Eropa yang terkenal mahal, terlihat jauh disana; bahkan terdengar asing di telinga, ternyata memiliki biaya hidup yang jauh lebih murah dari yang kalian bayangkan!

Negara dengan bendera ‘terbalik’nya Indonesia ini memiliki mata uang Zloty atau PLN. Gambarannya begini: 1 Euro itu sama dengan 4,5 PLN, dan 1 PLN sama dengan 3,8 – 4 ribu rupiah, kurang lebih. Dengan ini, mari kita bedah satu-persatu living expense di Polandia!

Akomodasi

Tentu saja, yang pertama dan paling utama adalah akomodasi. Yah, kecuali kalian punya rumah atau saudara di Polandia, tentu saja kalian harus mempertimbangkan biaya akomodasi dahulu yang paling utama.

Hampir semua kampus menyediakan asrama atau dormitory, dengan harga yang paling terjangkau. Kamu bisa tinggal di asrama kampus dengan range harga mulai dari 450 PLN – 700 PLN, tergantung kota, kampus dan jenis kamar apa yang kamu tempati. Kamar sendiri dengan kamar yang berbagi dengan orang lain tentu memiliki harga yang berbeda. Beberapa keuntungan tinggal di asrama mahasiswa ialah, selain murah, tentu saja kalian bisa bertemu dengan banyak teman-teman baru yang pasti sebagian besar menuntut ilmu di kampus yang sama, dan update dengan hal-hal terkini tentang kampus dan mahasiswanya. Beberapa kekurangannya tentu saja, less private dan rata-rata memiliki dapur umum yang terpisah.

Pilihan lain? Kamu bisa menyewa kamar (hanya kamar saja) di sebuah flat yang berisikan beberapa kamar lain dengan kisaran harga mulai dari 550 PLN – 1200 PLN untuk sebuah kamar single. Kenapa harganya lumayan jauh dan lebih bervariasi? Karena harga sebuah kamar bergantung dengan lokasi flat. Kalau flatmu berlokasi di tengah kota, tentu tak akan ada kamar single dengan harga murah yang bisa kamu harapkan. Tapi kalau kamu berniat menjadi pesepeda rajin, atau memang suka menjelajah kota dengan bus subscription, mungkin memiliki flat agak jauh dari kampus tak begitu buruk, kok.

Ingin privasi dan tak ada yang menganggu saat belajar? Mungkin flat jenis studio lebih cocok untukmu. Harga paling murah untuk studio dengan dapur, tempat tidur, sofa/meja belajar, dan kamar mandi biasanya berkisar di 1000 PLN – 2500 PLN, lagi-lagi tergantung lokasi dan luas studionya.

Daily Meals

Kalau kamu adalah mahasiswa yang rajin memasak, selamat, pengeluaranmu bisa berkurang hingga 50% dibanding saat kamu makan di luar, karena tentu saja, makan di luar berarti kamu juga harus membayar service/jasa yang memang selalu dipatok tinggi di bidang apapun.

Sebuah menu normal (karbohidrat+protein+sayur) di restoran biasa berkisar dari 20 PLN – 40 PLN untuk sekali makan.

Kalau kamu memutuskan untuk meracik sendiri makananmu dari pagi hingga malam, sekilas kisaran harga makanan pokok di Polandia adalah:

Telur isi 10 – 6 PLN

Beras/kg – 4 PLN

Ayam filet/kg – 15 PLN

Ayam potong/kg – 7 PLN

Susu/1,5 lt – 2 PLN

Apel/kg – 3 PLN

Pisang/kg – 5 PLN

Kentang/kg – 0,8 PLN

Wortel/kg – 2 PLN

Daun Salad – 5 PLN

Brokoli/kg – 5 PLN

Jamur kancing/kg – 7 PLN

Cabai rawit segar/80 gr – 9 PLN

Kamu bisa membandingkan sendiri, ya, harga-harga makanan pokok di Polandia. Penting untuk tahu mana bahan segar yang sedang musim dan tidak (biasanya harganya akan jatuh saat supply-nya banyak), atau mengetahui bahan segar mana yang memang mudah di dapat di Polandia. untuk bisa menghemat pengeluaran. Pisang dan apel masuk ke kategori ‘murah’ di Polandia, tapi jangan coba-coba membeli nanas atau salak (yang tentu saja impor) di Polandia karena harganya mulai tidak masuk akal; 4 buah salak harus ditebus dengan 25-35 PLN :’)

Ikan juga termasuk bahan makanan ‘mewah’ di Polandia, khususnya kota-kota yang jauh dari laut. Pilihannya, kamu bisa membeli ikan sarden atau ikan tuna kaleng yang lebih awet dan mudah diolah. Harga satu kaleng ikan tuna untuk satu kali makan hanya berkisar 2 PLN.

Bumbu-bumbu bubuk yang biasanya lengkap pun tak terlalu mahal. Untuk satu sachetnya, kamu bisa mendapatkan bumbu dasar di harga 0.8 PLN saja. Saran: gunakan bawang putih bubuk saja, karena bawang putih dan bawang merah segar harganya cukup mahal.

Amenities

Jangan khawatir, karena harga barang-barang kebersihan diri nggak mahal, kok, disini. Kembali lagi pada pilihanmu; apakah kamu cukup dengan sabun Palmolive atau harus menggunakan sabun organik yang harganya bisa puluhan Zloty?

Untuk perbandingan, harga sabun Palmolive disini berkisaran 12 PLN untuk ukuran 1 liter. Begitu juga dengan harga pasta gigi, facial wash, lotion, dan amenities lainnya. Untuk satu bulan, mungkin kamu hanya akan menghabiskan 50-80 PLN (100 PLN mungkin kalau kamu memiliki rutinitas bersih-bersih yang lebih kompleks). Kalau kamu pecinta drugstore, Polandia juga memiliki Rossman dan Hebe yang sejenis dengan Watson dan Century, serta drugstore dengan merk lokal yang tersebar di setiap kota.

Transportasi

Hampir semua kota-kota besar di Polandia memiliki bus dan tram. Harga langganan transportasi tak jauh berbeda di setiap kota; untuk harga student (up to 26 and Doctoral up to 35), kamu hanya perlu membayar  53 PLN – 79 PLN setiap bulannya dan kamu sudah bisa menaiki seluruh bus dan tram di kota tersebut. Psst, ada beberapa jenis transport subscribtion yang terbagi berdasarkan strefa/line/area, jadi sebelum pergi ke tempat yang agak jauh dari pusat kota, pastikan kamu berada di area yang sudah termasuk ke dalam subscribtion-mu, ya!

Untuk transportasi antarkota, layanan kereta api memiliki diskon khusus student sebesar 51% dari harga normal, jadi, jangan khawatir kalau kamu adalah si traveller yang hobi menjelajah! Namun bagi bus antarkota, kamu harus memastikan apakah mereka memiliki diskon khusus atau tidak, karena tidak semua penyelenggara memiliki program potongan harga untuk student.

Vacation

Tentu, kamu butuh refreshing setelah selalu berkutat dengan tugas dan kesibukan kuliah. Ada beberapa pilihan menarik di Polandia yang bisa kamu datangi di waktu singkat; mulai dari Taman Nasional hingga museum. Kebanyakan museum memiliki harga student yang hanya 1 PLN (dan bahkan gratis di hari-hari tertentu) dan tempat-tempat wisata lain juga memiliki diskon serupa, meski nggak semuanya jadi 1 PLN. Kalau kamu memperhatikan papan iklan di restoran-restoran sekitar, kamu juga mungkin akan menemukan restoran yang memiliki promo potongan harga bagi student, hanya dengan menunjukkan student card.

Jadi, bagaimana? Mulai terbayang berapa budget pengeluaran kalian, dan berapa yang bisa kalian tabung?