Membeli Barang Bekas di Polandia? Siapa Takut!

Bulan Juni merupakan bulan yang menyenangkan di Polandia. Pada awal musim panas ini, suhu mulai menghangat dan kita dapat melakukan berbagai kegiatan outdoor seperti bersepeda, bermain skuter, dan jogging.

Apabila anda tidak memiliki perlengkapan untuk kegiatan tersebut, tak perlu khawatir. Anda dapat mendapatkan barang-barang seperti sepeda, skuter, jersey, maupun sepatu jogging dengan harga relatif terjangkau di berbagai toko barang bekas di Polandia.

Industri Barang Bekas di Polandia

Ada pepatah yang menyatakan bahwa “one person’s trash can be another’s treasure”. Dalam artikel berjudul Time for Business yang diterbitkan oleh Colorful Media, menurut data dari Central Statistical Office of Poland, hampir sepertiga atau lebih dari 10 juta orang dewasa Polandia selalu membeli pakaian di toko barang bekas. Diproyeksikan bahwa pada tahun 2025, pendapatan dari penjualan barang bekas di Polandia akan mencapai sekitar US$582,54 juta, sebuah nilai yang cukup besar untuk mendorong perekonomian Polandia. Hal ini membuktikan bahwa industri second-hand shop di Polandia sangat berkembang dan kita dapat dengan mudah mengaksesnya.

Pada artikel ini saya akan membahas beberapa toko barang bekas dan di mana kita dapat membeli barang bekas baik online maupun offline, terutama di kota Toruń, di mana saya tinggal.

1. Olx

Olx merupakan platform iklan lokal terbesar di Polandia dengan kunjungan sebesar 12 juta pengguna per bulan. Di dalam platform tersebut, kita dapat mencari barang bekas dari berbagai kategori seperti otomotif, perumahan untuk disewa, barang elektronik, pakaian, olahraga, hobi, musik, dan lain-lain.

Saya sendiri telah beberapa kali membeli barang bekas di Olx dengan hasil yang cukup memuaskan. Jika kita lebih suka melihat kondisi barang secara langsung sebelum membeli, kita dapat memilih opsi filter lokasi di mana kita tinggal kemudian kita dapat mencari barang di kolom pencarian. Apabila telah mendapatkan barang yang sesuai, kita dapat menghubungi penjual untuk bertemu dan melihat barang secara langsung apakah sudah sesuai dengan yang kita inginkan atau tidak. Jika sesuai, kita tinggal melakukan pembayaran secara cash kepada penjual.

Selain opsi di atas, kita dapat memilih opsi penjual mengirimkan barangnya secara langsung ke alamat kita/pick up location yang dekat dengan alamat kita. Di dalam opsi ini, kita dapat membayar melalui transfer atau BLIK.

Gambar 1: Laman di Olx

2. Allegro

Allegro merupakan situs marketplace di Polandia di mana kita dapat membeli barang baru maupun barang bekas dengan kategori beragam. Allegro memberikan dua opsi dalam membeli barang, yaitu membeli secara langsung dengan harga yang tertera di situs atau dengan melakukan lelang. Jika kita memilih membeli langsung sesuai dengan harga yang tertera di situs, kita dapat langsung melakukan pembayaran di rekening Allegro. Namun, apabila kita memilih opsi lelang, maka kita harus melakukan bidding harga dalam jangka waktu tertentu dan bersaing dengan pembeli yang lain. Dalam akhir periode, pembeli yang melakukan bidding dengan harga tertinggi berhak untuk membeli barang tersebut.

Gambar 2: Laman di Allegro

3. Facebook

Facebook merupakan media sosial paling populer yang digunakan oleh penduduk Polandia. Di dalam Facebook marketplace kita bisa mencari barang bekas dengan mudah dengan berbagai kategori. Setelah kita mendapatkan barang yang sesuai di kolom pencarian, kita dapat berkomunikasi dengan penjualnya melalui messenger untuk membicarakan secara detail transaksi jual beli, kondisi barang, metode pembayaran, dan ongkos kirim.

Gambar 3: Laman di Facebook Marketplace

4. Toko Pakaian Bekas

Kita dapat dengan mudah menemukan toko pakaian bekas di seluruh Polandia. Di kota Toruń, toko pakaian bekas dapat kita jumpai di sepanjang ul. Adama Mickiewicza. Selain di ul. Adama Mickiewicza, toko pakaian bekas dapat kita temukan di Old Town Toruń. Bahkan dua toko pakaian bekas terbesar di Toruń berada di sana, yaitu di ul. Rynek Nowomiejski dan ul. Szeroka Old Town.

Gambar 4: Toko pakaian bekas di ul Rynek Nowomiejski
Gambar 5: Toko pakaian bekas di ul Szeroka

Di sana kita bisa mendapatkan berbagai macam pakaian seperti celana, sweater, jas, syal, kaos, hingga winter coat dengan harga yang murah dengan kualitas yang relatif masih baik. Saya pernah mendapatkan winter coat dengan harga sebesar 3 zł dengan kualitas lumayan bagus, padahal rata-rata harga winter coat baru adalah 100 zł ke atas. Metode penentuan harga pakaian bekas secara umum dapat dibagi menjadi 2, yaitu harga sesuai per kilogram pakaian dan fix price. Biasanya toko akan mengenakan harga berdasarkan hari. Hari Senin merupakan hari di mana barang-barang di toko di-restock, sehingga harga menjadi paling mahal. Tips agar mendapatkan harga murah adalah datang pada hari Sabtu, namun pilihan pakaian terbatas.

Sebagai mahasiswa di luar negeri kita harus pandai dalam mengatur pengeluaran, salah satunya dapat kita lakukan dengan membeli barang bekas. Kondisi barang bekas di Polandia kebanyakan cenderung masih baik. Oleh karena itu, kita tidak perlu ragu untuk membeli barang-barang bekas yang kita perlukan di sini.

Tentang Penulis

Wikan Haqqu Baihaqi atau biasa dipanggil Wikan, dalam kepengurusan PPI Polandia periode 2021/2022 mendapat amanah sebagai Koordinator Wilayah Kota Torun. Saat ini sedang menempuh semester akhir di Nicolaus Copernicus University jurusan International Economics and Finance. Pada tahun akademik 2020/2021, Wikan mendapatkan penghargaan sebagai salah satu mahasiswa terbaik di Nicolaus Copernicus University. Mahasiswa yang hobi mager ini suka untuk scrolling tubir di twitter sambil mendengarkan musik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.