Hal Mengejutkan Bagi Orang Polandia Tentang Indonesia

(Ditulis oleh M. Royyan Fadli, Torun, Polandia)

Hai sobat-sobat, gimana kabarnya?, semoga sehat-sehat dan baik-baik aja ya. Kali ini, kami mau nyeritain teman-teman pengalaman unik dan asik saat acara sosialisasi ke anak-anak SMA XLiceum, Torun, Polandia bersama ECCO Foundation, NGO dari Indonesia yang didirikan dua mahasiswa Indonesia di Torun. NGO ini bergerak di bidang lingkungan, khususnya di bidang literasi iklim seperti, ECCO Debate, ECCO International Webinar, dan sosialisasi-sosialisasi ke sekolah-sekolah tentang Indonesia dan lingkungan.

Kegiatan ini merupakan kegiatan sosialisasi yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke warga Polandia. Selama kegiatan ini, ada banyak keseruan dan hal-hal yang cukup mengejutkan sobat, terutama bagi warga Polandia soal Indonesia, mulai dari makanan, cuaca, musik, dan tradisi-tradisi yang bakal kita ceritain di tulisan ini.

Nasi dan Double Carbo

Yang ini kayaknya udah terduga sih ya, betul, orang Polandia ternyata terkejut dengan gaya makan kita, yang begitu loyal dengan nasi sobat, makan mie pake nasi, makan kentang pake nasi, sup pake nasi, ayam pake nasi, pokoknya makan apa aja kurang afdhol kalo nggak pake nasi, dan orang-orang Polandia ternyata kaget denger itu. Di Polandia nasi juga dijual sobat, dan harganya juga nggak jauh beda sama di Indonesia, dan mereka juga ternyata kadang-kadang makan, cuman nggak tiap hari banget kayak kita. 😀

Mereka juga kaget waktu tahu kita sering makan nasi pake kentang atau mie (plus pake telur), yang bagi mereka aneh banget, yang mereke sampe terheran-heran. Satu lagi, mereka juga kaget waktu denger kalo orang ulang tahun, atau ngerayain aniversary-an gitu di Indonesia sering dikasi nasi tumpeng, (mereka heran kali yak, makanan berat gini dikasi ke orang ultah :D)

Rempah dan Makanan Pedas

Yup, betul, mereka kaget dengan hobi yang banyak dimiliki oleh orang Indo, yakni makan pedas, dan bumbu-bumbu makanannya yang sangat kaya rempah. Seperti yang kita tahu, makanan-makanan Eropa bagi orang Indonesia, rasanya agak polos, innocent dan penuh kelembutan (hambar) jadi yang bagi mereka pedas bisa jadi bagi kita nggak pedas sama sekali. Bahkan ada diantara siswa yang nanyain “kalo zapiekanka (makanan khas Poland, roti-rotian gitu) gimana?, pedas nggak menurut kalian” dan kita bilang nggak pedas sama sekali dan mereka kaget, karena bagi mereka itu udah pedas banget. Btw Zapiekanka enak lho sobat, cuman kurang pedas aja.

Suhu

Ini juga sobat, mereke kaget dengan suhu di Indonesia, yang mereka nggak kebayang suhu paling rendahnya itu cuman 20an derajat, sementara mereka bisa sampai minus 20. Kita juga cerita ke mereka kalo di Indonesia itu cuman ada dua musim, musim panas, dan musim ekstra panas, beda sama mereka yang musimnya banyak (kita nggak cerita soal musim buah-buahan dan musim kawin ya, kalo diceritain itu bisa jadi banyak banget musimnya) dan mereka cukup kaget. Bahkan saat mereka lagi musim gugur yang suhunya kadang-kadang sampai kurang dari 7 derajat, kita ceritain kalo waktu itu suhu di Indonesia bisa sampe 32 derajat. 😀

Uang Rupiah

Satu lagi yang bikin mereka kaget sobat, uang rupiah yang angka nol nya yang sepanjang kasih Ibu. Waktu dikasih liat uang rupiah, selain mereka kaget karena ngeliat nol nya, dan kaget ternyata 1 zloty itu bisa sampe 3 ribuan rupiah, dan kaget juga Indonesia punya uang pecahan 100 ribuan, yang kalo di Polandia itu bisa buat beli rumah hahaha.

Selama kegiatan ini, ternyata nggak cuman mereka yang kaget sobat, ternyata kami juga kaget, karena diantara mereka surprisingly, ada yang tau musik koplo lho!, dan nanyain kita apakah suka musik koplo atau nggak (yang tentunya banyak yang suka haha). Selain itu, waktu kita cerita tentang tradisi ogoh-ogoh di bali, ternyata mereka juga punya tradisi yang mirip sobat, namanya Slavic Ritual. Bedanya, kalo ogoh-ogoh dibakar, mereka patungnya ditenggelemin, dan filosofinya juga sama-sama membuang energi negatif gitu. Sekian dulu ya, cerita dari kami sobat, intinya kegiatan ini seru banget deh, bikin kita bisa berbagi cerita dengan warga Polandia, dengan siswa-siswi maupun guru-gurunya, semoga kita terus bisa berkolaborasi untuk bikin kegiatan-kegiatan yang seru dan bermanfaat kaya gini. Sampai jumpa sobat, sehat selalu.

Tentang Penulis

M. Royyan Fadli adalah anggota PPI Polandia 2021/2022 yang saat ini sedang menempuh pendidikan Magister di bidang politik internasional di Nicolaus Copernicus University, Torun, Polandia. Penulis juga merupakan penerima beasiswa NTB 2021. Saat ini penulis juga aktif menulis di web Duta Damai NTB https://dutadamainusatenggarabarat.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published.