ACARA SOSIALISASI IZIN TINGGAL KEIMIGRASIAN POLANDIA, UPDATING KEKONSULERAN, DAN PELANTIKAN PENGURUS BARU PPI POLANDIA PERIODE 2019/2020

Warsaw, Nov 23rd 2019 – Kedutaan Besar Republik Indonesia bekerjasama dengan PPI Polandia menyelenggarakan sosialisasi keimigrasian dan kekonsuleran serta pelantikan pengurus PPI Polandia periode 2019/2020 pada tanggal 23 November 2019. Kegiatan ini dimulai dari pukul 09.00 dan berakhir sekitar pukul 17.00 CET bertempat di Regent Hotel Warsaw.

 

Foto 1. Duta Besar Republik Indonesia untuk Polandia, Ibu Siti Nugraha Mauludiah saat memberikan sambutan pembukaan acara

 

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Polandia, Ibu Siti Nugraha Mauludiah, yang menyampaikan tujuan dari diadakannya sosialisasi izin tinggal di Polandia. Selanjutnya, presentasi updating kekonsuleran disampaikan oleh Bapak Georgie Van Der Lekhen selaku perwakilan kekonsuleran Kedutaan Besar Republik Indonesia. Beliau menyampaikan beberapa poin penting tentang pembaharuan kekonsuleran, seperti alur perpanjangan masa berlaku passport, pembuatan passport baru yang hilang, penambahan nama belakang pada passport, serta proses legalisasi dokumen. Selain itu, beliau menambahkan persyaratan yang diperlukan serta jam kerja kekonsuleran untuk keperluan tersebut.

Disela-sela sesi ini, beliau juga menyampaikan terkait lapor diri bagi warga negara Indonesia (WNI) yang belum melaporkan keberadaannya di Polandia. Hal tersebut penting mengingat data WNI diperlukan untuk memantau jumlah WNI serta berjaga-jaga apabila ada kejadian yang tidak terduga, seperti bencana alam atau kecelakaan. Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) menyediakan laman online untuk lapor diri yang bias diakses di https://peduliwni.kemlu.go.id/beranda.html dan ada pula stan yang disediakan untuk proses lapor diri bagi peserta yang hadir.

 

Foto 2. Bapak George saat menyampaikan materi terkait updating kekonsuleran

 

Agenda berikutnya yaitu presentasi izin tinggal keimigrasian di Polandia yang disampaikan oleh Mrs. Agata Ewertyńska selaku perwakilan dari Mazovian Voivodship Office. Beliau menjelaskan tentang syarat-syarat dan alur yang harus dilalui sebelum mengirimkan dokumen permohonan izin tinggal di Polandia, atau yang dikenal dengan istilah karta pobytu. Dalam sesi kali ini, beliau juga melakukan sesi tanya jawab dengan mahasiswa-mahasiswa Indonesia terkait proses pembuatan karta pobytu dan kendala apa saja yang dihadapi dalam proses permohonan resident permit tersebut. Di akhir sesi, Ibu Siti Nugraha Mauludiah selaku Duta Besar Republik Indonesia untuk Polandia memberikan kenang-kenangan kepada Mrs. Agata Ewertyńska yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Foto 3. Mrs. Agata Ewertyńska saat menyampaikan materi terkait izin tinggal di Polandia

 

Pelantikan pengurus PPI Polandia periode 2019/2020 menjadi agenda terakhir pada acara kali ini. Dimulai dari presentasi laporan pertanggungjawaban dari pengurus periode sebelumnya, hingga sesi tanya jawab dari peserta yang hadir. Selanjutnya, pelantikan pengurus PPI Polandia periode 2019/2020 dipimpin oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Polandia, Ibu Siti Nugraha Mauludiah dan diwakili oleh Ketua PPI Polandia periode 2019/2020, Zulkifli. Pada pelantikan ini, Ibu Siti Nugraha Mauludiah menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pengurus PPI Polandia periode 2018/2019 atas kinerjanya selama satu periode kepengurusan. Selain itu, beliau juga berpesan kepada kepengurusan selanjutnya untuk membangun organisasi ini lebih baik lagi.

Foto 4. Duta Besar Republik Indonesia untuk Polandia, Ibu Siti Nugraha Maulidiah, saat proses serah terima jabatan dari ketua umum PPI Polandia periode 2018/2019 kepada ketua umum PPI Polandia periode 2019/2020 dan proses pelantikan

 

Foto 5. Foto bersama dengan Duta Besar Republik Indonesia dan kepengurusan PPI Polandia periode 2018/2019 dan 2019/2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *