Spring in Poland: What to Do and Where to Go?

Musim semi atau spring adalah salah satu musim yang paling ditunggu-tunggu bagi banyak orang, termasuk kami para mahasiswa Indonesia yang ada di Polandia. Bagaimana tidak, setelah berbulan-bulan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah karena dinginnya winter, akhirnya di musim ini kita bisa lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah menikmati hangatnya matahari, birunya langit, dan bunga-bunga yang mulai bermekaran.

Pemandangan kota Torun di musim semi. (Credit to Zahira Rufaida)

Di Polandia sendiri, spring biasanya terjadi di bulan Maret sampai Juni dengan kisaran suhu 5 – 15 derajat celsius. Cuaca pada musim ini cenderung berubah-ubah. Di hari yang sama, kadang matahari begitu terik, lalu beberapa saat kemudian bisa saja turun hujan. Ada satu pepatah di Polandia yang berhubungan dengan kondisi ini, “W marcu jak w garncu” yang berarti “Maret seperti sebuah pot”. Jika kita artikan secara lebih luas, ungkapan tersebut berarti kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi. Jadi, meski cuaca begitu cerah saat keluar rumah, selalu sediakan payung dan jaket di tas kalian ya! Daylight di musim ini juga cenderung lebih panjang dibanding saat winter. Sunrise biasanya dimulai sekitar pukul 5 pagi dan sunset  datang lebih lama dari biasanya yaitu sekitar pukul 8 malam. Sangat mendukung untuk berkegiatan di luar rumah.

Ngomong-ngomong tentang berkegiatan di luar rumah saat spring, berikut beberapa aktivitas yang Sobat PPI bisa lakukan untuk menikmati musim semi ini.

Nature Walk

Menikmati alam dengan berjalan kaki adalah salah satu aktivitas yang harus teman-teman coba saat spring. Selain karena udaranya yang segar, teman-teman juga bisa menikmati bunga yang mulai bermekaran, daun-daun di pohon yang mulai tumbuh, melihat bebek-bebek berenang karena air danau mulai mencair, atau mungkin sesekali mengabadikan momen dengan berfoto. Menurut banyak penelitian, nature walk efektif menyembuhkan kesehatan mental, mengurangi depresi dan kecemasan. So, tinggalkan sejenak tugas kuliah yang menumpuk dan kunjungilah taman terdekat dari tempat tinggal teman-teman. Enjoy the spring in nature by walk!

Taman Bydgoski, Torun. (Credit to Zahira Rufaida)

Picnic

Mumpung cuaca musim semi sedang bersahabat, cobalah untuk sesekali menikmati makanan bersama teman-teman tersayang di luar rumah dengan piknik. Gelar tikar kalian, mainkan gitar sambil bernyanyi bersama, nikmati makanan, sambil sesekali melempar candaan adalah paket lengkap untuk menikmati spring. Jangan sampai lupa untuk berswafoto dan upload ke sosial media, supaya orang lain tahu, teman-teman bahagia di tanah rantau. 😀

Mahasiswa Indonesia saat sedang piknik di salah satu taman yang ada di Torun. (Credit to Lalu Ary)

Do other outdoor activities!

Selain jalan-jalan dan piknik di taman, ada beberapa aktivitas lain yang bisa teman-teman lakukan di luar rumah seperti bersepeda mengelilingi taman atau kota, menikmati matahari dengan berjemur di pagi atau sore hari, bermain di playground untuk mengingat kembali memori masa kecil, berolahraga seperti jogging, bermain bulu tangkis atau olahraga lainnya. Selain itu, teman-teman juga bisa sekedar duduk di kursi taman sambil membaca buku.

Keseruan halal bihalal PPI Polandia wilayah Torun. (Credit to Yolla Destika)

It’s ice cream time!

Jika sudah bosan dengan aktivitas yang berbau alam, teman-teman juga bisa mencoba untuk mengunjungi pusat kota dan menikmati es krim sambil menikmati keramaian. Biasanya pusat kota akan ramai di musim ini. Sambil berjalan menikmati es krim, teman-teman juga bisa menikmati live music yang biasanya ada disana atau bahkan bergabung dengan anak-anak kecil untuk menikmati permainan sulap dari badut.

Lokasi: Old Town, Torun. (Credit to Zahira Rufaida)

Jika taman atau pusat kota di sekitar tempat tinggal sudah bosan dikunjungi, tidak ada salahnya untuk mencoba traveling ke kota lain untuk menikmati spring. Selama musim semi ini, ada beberapa hari libur yang bisa teman-teman manfaatkan untuk jalan-jalan sehingga tidak perlu mengorbankan waktu kuliahnya. Berikut adalah beberapa tanggal merah di Polandia selama spring.

8 Maret (Women’s Day)
2 April (Good Friday)
3 April (Holy Saturday)
4 April (Easter Day)
5 April (Easter Monday)
1 Mei (Labor Day)
3 Mei (Constitution Day)

Ada banyak pilihan untuk merencanakan liburan, bukan? Jika sudah menentukan tanggal, sekarang giliran mikirin soal destinasi. Di Polandia sendiri ada beberapa tempat favorit yang bisa dikunjungi selama musim semi. Berikut tiga rekomendasi tujuan yang bisa teman-teman datangi.

Zakopane

Meskipun Zakopane terkenal dengan sebutan “The winter capital of Poland”, tapi pemandangan musim semi-nya juga tak kalah indah. Bunga Crocus adalah salah satu daya tariknya. Bunga cantik berwarna ungu yang merupakan bahan baku dari saffron ini tumbuh mekar di padang rumput yang luas. Hamparan bunga berwarna ungu dipadukan dengan latar pegunungan Tatra yang masih tertutup sebagian salju akan sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat terbaik untuk menikmati pemandangan bunga ini adalah Lembah Chocholowsk, Lembah Olczyska, dan Kalatowki.

Keindahan bunga Crocus di Zakopane. (Credit to apartamentywpolsce.pl)

Selain memanjakan mata dengan indahnya pemandangan bunga Crocus, teman-teman juga bisa mendaki Pegunungan Tatra. Pegunungan yang terletak di antara dua negara yakni Slovakia dan Polandia ini menawarkan keindahan yang tak kalah menakjubkannya dari pegunungan lain. Pegunungan Tatra bisa didaki melalui banyak jalur, salah satunya jalur Morskie Oko. Morskie Oko sendiri adalah nama sebuah danau yang terluas dan terbesar keempat di Pegunungan Tatra. Menurut The Wall Street Journal (2014), Morskie Oko adalah salah satu dari lima danau terindah di dunia. So, tunggu apalagi, yuk buktikan sendiri dengan berkunjung ke Zakopane!

Hiking track menuju pegunungan Tatra melalui jalur danau Morskie Oko. (Credit to Syahrul Alamsyah)

Mazury

Land of a thousand lakes” adalah julukan bagi daerah ini. Bagaimana tidak, terdapat sekitar 2.600 danau dengan danau terpanjang dan terluas di Polandia berada di wilayah ini. Śniardwy adalah danau terluas dengan lebar sekitar 13.4 kilometer dan Jeziorak adalah danau terpanjang dengan panjang sekitar 27.45 kilometer. Tempat ini sangat cocok untuk didatangi di musim semi karena turis yang datang belum terlalu ramai dibandingkan saat summer. Mikołajki atau yang populer disebut dengan sailing village adalah salah satu desa yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke Mazury. Teman-teman bisa menyewa perahu untuk berkeliling di desa cantik ini. Konon katanya, banyak para selebritis dan orang kaya yang memilih Mikołajki sebagai tujuan wisata. Selain itu, teman-teman juga bisa menemukan angsa bisu di Łuknajno, mencicipi Pierogi, makanan khas Polandia di Osiniak-Piotrowo, dan masih banyak lagi aktivitas seru lainnya. Sangat menarik untuk dicoba!

Keindahan salah satu danau Mazury. (Credit to polskazachwyca.pl)

Krakow

Bagi teman-teman yang bosan dengan suasana alam dan ingin menikmati keindahan kota, Krakow adalah pilihan yang tepat selama musim semi. Kota tua yang pernah menjadi ibukota Polandia ini sering disebut sebagai salah satu kota terindah di Eropa. Kota ini juga dinobatkan sebagai situs warisan dunia UNESCO pertama di dunia.  Krakow terkenal dengan banyak bangunan bersejarah, istana, dan gereja dengan interior yang megah. Di musim semi sendiri, Mei adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Krakow. Cuaca di kota ini sangat bersahabat saat spring, sangat cocok untuk berjalan-jalan mengelilingi kota. 

Keindahan kota Krakow. (Credit to Zahira Rufaida)

The earth laughs at flowers during spring, go out and laugh with them!

Tentang Penulis

Sari Kirana Restapa adalah awardee Beasiswa NTB yang saat ini sedang menempuh pendidikan S2 jurusan Manajemen, spesialisasi Administrasi Bisnis di Nicolaus Copernicus University, Polandia. Perempuan yang akrab disapa Ira ini senang menuangkan isi pikiran dan perasaannya melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.