VOLUNTARY ON EDUCATION AND CULTURE PROJECT BY PPI POLANDIA IN COLLABORATION WITH NUSANTARA

Penulis: Casilda Aulia Rakhmadina

 

Warsaw, January 20th 2020 – PPI Polandia bekerja sama dengan Nusantara telah sukses menyelenggarakan program Voluntary on Education and Culture Project yang dilaksanakan di Szkoła Podstawowa nr 3 Przymierza Rodzin, yaitu salah satu sekolah dasar di Warsaw, Polandia. Acara tersebut berlangsung pada hari Senin, 20 Januari 2020. Dihadiri oleh para siswa/i, guru-guru, teman-teman dari Nusantara, dan mahasiswa/i Indonesia yang menjadi sukarelawan, kegiatan kali ini berlangsung dengan meriah dan penuh keceriaan.

 

 

Pada kegiatan kali ini, siswa/i dari kelas 4 dan kelas 6 dilibatkan dan dibagi dalam tiga kelompok. Di awal, kelompok 1 mendapat wawasan tentang Indonesia secara umum, mulai dari populasi, geografi, demografi, makanan khas, dan Bahasa Indonesia. Kemudian, kelompok 2 dijelaskan tentang alat-alat musik Indonesia, seperti Angklung, dan tarian daerah yaitu tari Maumere. Sementara itu, kelompok 3 mendapat bagian untuk mengenal berbagai kesenian Indonesia, termasuk wayang kulit, yaitu boneka khas Indonesia dan boneka kayu, serta berkesempatan untuk mewarnai motif batik. Masing-masing kelompok diberikan waktu 45 menit untuk sestiap sesi dan akan mendapatkan giliran untuk mengenal langsung budaya Indonesia dengan sistem moving group, yaitu berpindah kelompok dari satu kelompok ke yang lain. Sistem ini digunakan agar siswa/i mendapatkan informasi terkait Indonesia, baik budaya maupun pengetahuan umum, secara lengkap dan menyeluruh. Siswa/i sangat antusias mengikuti kegiatan kali ini, tidak terkecuali para guru. Mereka terlihat antusias dan turut berpartisipasi dalam rangkaian acara tersebut.

 

 

Program ini bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan budaya Indonesia agar lebih di kenal luas di Polandia. Sasaran kegiatan pada kesempatan kali ini yaitu siswa/i sekolah dasar. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa sasarannya akan lebih diperluas, seperti siswa/i SMP atau SMA. Agenda selanjutnya direncanakan akan dilaksanakan di Kota Poznań, Polandia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *