Ramadan bersama PPI Polandia

Hi Sobat PPI dimanapun kalian berada!

Alhamdulillah kita sudah memasuki bulan Ramadhan di hari ke 11 ini. Ramadhan tahun ini, kita masih dalam suasana pandemi Covid-19 seperti tahun lalu. Gimana? Apa sudah mulai terbiasa? Atau ada yang masih homesick?

Menjalani Ramadan di tanah rantau memang berat. Selain waktu puasa yang lebih panjang, atmosfer Ramadan pun tidak terasa kental karena memang umat muslim adalah minoritas di Negara Polandia ini. Ditambah lagi dengan pandemi. Restriction dimana-mana. Mau buka bareng di café, cafenya tutup. Sedih? Ya tentu saja. Tapi kita harus tetap semangat menjalaninya agar ibadah kita tetap maksimal.

Untuk itu PPI Polandia tetap mengadakan kegiatan selama Ramadan ini untuk menjalin silaturrahim dan menjaga ibadah kita agar tetap terlaksana meskipun terpisah jarak satu sama lain. Tidak ada lagi alasan untuk tidak semangat!

Kegiatan-kegiatan tersebut adalah:

  1. Pengajian tiap minggu selama Ramadan

Setiap minggunya setiap hari Sabtu akan diadakan pengajian secara online dengan pembicara dan pembahasan yang menarik. Untuk minggu pertama, Alhamdulillah pengajian sudah diadakan dengan tema “Hidup sebagai Muslim di Negeri Minoritas” oleh Ust. Muhamad Zuhdy. Untuk minggu ke dua yang akan dilaksanakan besok, insya Allah bertemakan “Ramadan ala Rasulullah” oleh Ust. Maemun Fauzi. Untuk lebih jelasnya mengenai topik dan penceramah di minggu-minggu selanjutnya, pantengin terus IG PPI Polandia ya.

  1. Pengadaan Paket Buka Puasa

Wah dari judulnya saja sudah menarik. Insya Allah PPI Polandia bekerjasama dengan KBRI Warsawa akan membagikan paket buka puasa untuk seluruh mahasiswa Indonesia di Polandia. Tapi kalian wajib isi data diri dulu disini biar nggak kelewatan.

  1. One Day One Już

Kegiatan selanjutnya adalah tadarus Al-Quran rutin setiap hari satu już. Sistemnya dalam tadarus ini, baik ikhwan dan akhwat masing-masing memiliki grup chat dan memiliki room meeting. Saat ini Tadarus untuk ihkwan diadakan setiap jam 18.00 CET sedangkan tadarus untuk akhwat diadakan setiap jam 05.00 pagi. Belum terlambat buat teman-teman yang mau join! Klik disini untuk join ke grupnya ya!

Ikhwan       Akhwat

  1. Penggalangan Sedekah Ramadan

Infaq dan Sedekah sangat besar pahalanya apabila diadakan di bulan Ramadan. Untuk itu PPI Polandia bekerjasama dengan One Day One Złoty berinisiatif menghimpun dana dari teman-teman semua yang bingung dalam menyalurkan sedekah. Kami menghimpun dana dalam bentuk Złoty yang kemudian akan disalurkan sesuai agenda yang sudah disepakati. Diantaranya:

  • Kepada mereka yang kurang beruntung di Polandia (Bekerja sama dengan Muzułmanska Fundacja Pomocy)
  • Paket buka puasa untuk para muslim di Polandia (Bekerjasama dengan Nusantara)
  • Pengadaan rumah singgah bagi korban bencana alam di Indonesia (Bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap)

Semoga dengan diadakannya kegiatan-kegiatan ini bikin kita semua nggak merasa menjalankan puasa sendirian ya. Semangat teman-teman. Semoga diberikan pahala yang setimpal oleh Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *