1st MULTICULTURAL DAY: INTRODUCING INDONESIAN CULTURE IN POZNAN – POLAND

Poznań, November 27th 2019 – Berbicara tentang Indonesia, rasanya kurang lengkap jika tidak membahas tentang budayanya. Kekayaan kultur dan tradisi yang dimiliki oleh negara ini tidak dipungkiri cukup menarik perhatian negara-negara lain untuk belajar atau sekedar mengetahui keragaman budaya Indonesia, termasuk Polandia. Polandia saat ini menjadi negara yang banyak dilirik oleh pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Semakin meningkatnya jumlah pelajar Indonesia di Polandia, semakin besar pula kesempatan untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada khalayak yang lebih luas.

 

Foto 1. Sesi foto bersama dalam acara 1st Multicultural Day di Poznan, Polandia

 

Peluang ini dimanfaatkan oleh 4 pelajar Indonesia yang saat ini sedang menempuh pendidikan Strata 2 (S2) di Poznan, salah satu kota metropolitan di Polandia, untuk memperkenalkan budaya Indonesia melalui acara 1st Multicultural Day. Keempat pelajar tersebut adalah Anastasia Aliesa H. dan Endah Fajriani Rifai, mahasiswi dari Adam Mickiewicz University, serta Linggawastu Syahrulawal dan Muhammad Fahrurradhi, mahasiswa dari Poznań University of Life Sciences. Acara tersebut dilaksanakan mulai pukul 09.00-14.00 CET di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Poznan, yakni 38. Dwujęzyczne Liceum Ogólnokształcące im. Jana Nowaka-Jeziorańskiego w Poznaniu. Tema besar acara 1st Multicultural Day adalah Wonderful Indonesia yang dipresentasikan di 9 kelas, dimana masing-masing kelas terdiri dari 30-45 siswa/i.

 

Foto 2. Sesi presentasi pengenalan budaya Indonesia dengan tema Wonderful Indonesia dalam acara
1st Multicultural Day di Poznan, Polandia

 

Rangkaian acara kali ini dimulai dari pengenalan demografi Indonesia, seperti luas wilayah, jumlah penduduk, dan kondisi alam Indonesia. Kemudian, sesi berlanjut dengan penjelasan berbagai agama dan etnis yang ada di Indonesia serta bagaimana masyarakat Indonesia hidup dalam budaya multikultur dan multireligi dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi. Bagian yang paling diminati yaitu presentasi tentang baju adat dan parisiwata di Indonesia yang sudah banyak menarik perhatian dunia, misalnya pulau Bali dan Lombok.

 

Foto 3. Sesi foto setelah presentasi pengenalan budaya Indonesia dalam acara 1st Multicultural Day di Poznan, Polandia

 

Secara kesuluruhan, peserta yang terdiri dari siswa/i kelas 1-3 terlihat sangat antusias mengikuti semua sesi. Hal ini dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh siswa/i selama sesi berlangsung. Banyak dari mereka yang mengaku terinspirasi oleh kegiatan pengenalan budaya Indonesia kali ini. Mereka berhatap bisa berkunjung ke Indonesia suatu hari nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *