Witamy w Polsce – Gathering PPI Polandia 2017

Sabtu 9 Desember 2017 lalu pelajar Indonesia di Polandia berkumpul di Centrum Wielokulturowe, Warsaw pada acara „Witamy w Polsce” – Gathering PPI Polandia 2017. Acara yang mengambil tema “How to be an Outstanding Student” ini merupakan gathering tahun ke-3 sejak dibentuknya lagi (reborn) PPI Polandia thn 2015 setelah vakum selama lebih dari 50 tahun.

Acara berlangsung mulai pukul 10.30 dibuka dengan sambutan oleh Ketua Panitia M. Ulil Albab, salah satu dewan penasihat PPI Polandia Ibu Sylvi Kurniawati, serta Ibu Lira sebagai staff KBRI Warsawa Fungsi Sosial Budaya. Ibu Lira menjelaskan pentingnya lapor diri untuk seluruh WNI yang berada di Polandia. Meski lapor diri dapat dilakukan secara online, tapi disarankan untuk langsung datang ke KBRI Warsawa.

Acara selanjutnya adalah pengenalan PPI Polandia oleh Damalina Arfani. Damalina memaparkan beberapa pencapaian PPI Polandia antara lain penghargaan atas siaran RRI terbaik dan PPI terpopuler oleh PPI Dunia. Selain itu PPI Polandia juga aktif dalam kegiatan PPI Dunia antara lain Simposium di Singapura, Belanda, Mesir, USA, dan UK. Tidak sampai di sini saja, Damalina juga memaparkan bahwa PPI Polandia juga selalu hadir di kampus-kampus Indonesia pada acara Edu Fair untuk sharing informasi beasiswa dan kuliah.

Sebelum masuk jam istirahat, acara gathering PPI Polandia ini diisi dengan seminar. Beberapa pelajar turut mengisi seminar dan diskusi sehingga acara ini menjadi sangat berbobot. Seminar pertama adalah sharing dan diskusi kuliah dalam Bahasa Polandia oleh Pratiwi Widya W dan Ardian Nurwita. Pada sharing ini juga dibahas mengenai kesulitan-kesulitan ketika kuliah beserta solusinya untuk mempersiapkan teman-teman yang sedang atau akan mulai kuliah.

Seminar selanjutnya adalah sharing kuliah oleh Eko Budiyanto. Di sini Eko membahas mengenai tips menulis riset serta cara beradaptasi dan juga berorganisasi. Terakhir, sharing oleh Adnan Kurniawan Sigit mengenai bekerja sambil kuliah. Adnan menjelaskan dari awal cara bagaimana mendapatkan pekerjaan tersebut dan juga kesulitan-kesulitannya.

Nadia Puspamaya dan Faisal Nurrachman sebagai MC membawakan acara ini menjadi lebih hidup dan seru. Beberapa game menarik dimainkan bersama untuk mendekatkan semua pelajar.

Kepengurusan PPI Polandia tahun 2017/2018 telah mengalami perombakan karena adanya beberapa posisi yang kosong. Beberapa pihak telah mengisi posisi tersebut sehingga pada gathering ini juga diumumkan struktur kepengurusan yang baru oleh dewan penasehat PPI Polandia, Ibu Sylvi Kurniawati. Ketua PPI Polandia saat ini adalah M. Ulil Albab. Semoga PPI Polandia terus bertambah besar dan ikatan antara pelajar semakin erat. (Red, pw)

Acara ini disponsori oleh Centrum Wielokulturowe dan Sambal Restauracja Indonezyjska

 

Galeri Foto:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.