Transportasi di Polandia

Tulisan dari: Pratiwi Widya Wahyuni.

Pertama kali ke Polandia? Malu bertanya arah saat di jalan? Tenang, tidak akan ada kata tersesat di Polandia jika mengetahui sistem transportasi Polandia. Saya coba menjelaskan bagaimana cara menjelajah Polandia menggunakan jalur darat dan udara. Sistem transportasi di Polandia ini sudah terintegrasi dan teratur. Transportasi di Polandia ada beberapa macam yaitu dalam kota, luar kota, dan ke luar negara. Semua tiket jarak jauh dapat dibeli on the spot, tetapi saya sarankan untuk tetap beli online jauh-jauh hari, untuk memastikan ketersediaan kursi dan menghindari kenaikan harga.

Harga transportasi di Polandia dibagi menjadi dua, yaitu harga normal dan harga diskon (reduced ticket). Harga diskon ada bermacam-macam, contohnya untuk orang tua dan untuk pelajar full-time study. Yang bisa mendapatkan diskon pelajar sebanyak 51% adalah semua pelajar dengan batas umur 26 tahun, dan pelajar S3 dengan batas umur 35 tahun. Diskon ini khusus untuk Pelajar Polandia saja. Bila ingin membeli tiket dengan status pelajar, cukup bilang “ulgowy bilet” (dibaca: ul-go-wi-bi-let).

Aplikasi transportasi yang wajib digunakan saat di Polandia adalah “Jakdojade.” Aplikasi ini lengkap dengan time table dan map (seperti google map) lengkap disupport dengan GPS. Saya sarankan jangan menggunakan google map karena tidak update, lebih baik gunakan “Jakdojade.”

12833226_10153953070289437_649367765_n

=========== DALAM KOTA ===========

Tiket transport dalam kota bisa dibeli di vending machine dan di toko-toko. Beberapa transportasi juga menyediakan vending machine di dalamnya. Satu tiket bisa untuk tram, metro, dan bus dalam kota semua sekaligus. Tiket bisa dibeli berdasarkan kebutuhan, contohnya 20 menit, 40 menit, 1 hari, dll. Jd selama penggunaan itu usahakan jangan lebih menitnya, karena nanti kena denda banyak kalau ketahuan petugas.

1. Metro. Hanya Warsaw yang mempunyai metro.

2. Tram. Ini adalah transportasi yang populer karena paling cepat setelah Metro. Semua kota besar terdapat tram. Transportasi ini menghubungkan beberapa daerah di dalam kota. Biasanya relnya melintasi jalan, sehingga pengendara mobil harus berhati-hati bila berjalan beriringan dengan tram.

3. Bus. Hampir semua kota di Polandia terdapat bus. Jalur bus ini biasanya lebih banyak dari pada tram. Bus biasanya menjadi pengganti tram bila ada daerah yang tidak dilewati jalur tram.

4. Taksi. Pasti semua tidak asing dengan taksi.

=========== ANTAR KOTA ============

Transportasi untuk luar kota bisa menggunakan Bus, Kereta, atau Pesawat. Kecepatan bus dan kereta tidak sama. Terkadang lebih cepat bus, dan terkadang lebih cepat kereta.

1. Bus. Bus antar kota, bahkan antar negara bisa dipesan lewat internet, atau on the spot. Atau kalau lancar berbahasa Polandia, bisa langsung pesan On The Spot di terminal dan memilih sendiri bus yang diinginkan. Bus ada bermacam-macam, ada bus lokal, dan ada juga bus dari brand negara tetangga. Bus lokal yang terkenal di kalangan mahasiswa adalah Polskibus, bisa dicek di http://www.polskibus.com/en/index.htm. Bus ini menghubungkan beberapa kota di Polandia, dan bahkan sampai kenegara tetangga seperti Latvia, Jerman, Ceko, dan sebagainya. Ecolines dan Eurobus juga bisa menjadi pilihan.

2. Kereta. Kereta di Polandia dibagi menjadi 2:
2a. InterRegio. Ini adalah kereta yang menghubungkan kota di dalam provinsi, serta kota-kota di provinsi terdekat. Tiket bisa dibeli di https://www.biletyregionalne.pl/login.
2b. Intercity. Ini adalah kereta yang menghubungkan semua kota di Polandia. Kereta Intercity dibagi menjadi 3 macam berdasarkan kecepatannya, yaitu TLK, IC, dan EIP. Meski kecepatan berbeda-beda, tetapi harga tetap sama. Tiket bisa dibeli di http://www.intercity.pl/en/.

3. Pesawat. Ada beberapa Airlines dari Polandia, tetapi yang termurah menurut saya adalah milik luar Polandia seperti Ryan Air. Terkadang harga dari Wrocław ke Warsaw lebih murah pesawat dari pada kereta atau bus.

=========== AIRPORT TRANSFER ============

1. Airport di Warsaw ada dua, yaitu Chopin (WAW) dan Modlin (WMI). Untuk pesawat-pesawat mahal, biasanya landing di Chopin, termasuk Wizz Air. Untuk ke Centrum (tengah kota), transport dari dan ke Chopin International Airport (WAW) menggunakan Metro nomor S2 atau Bus nomor 175 selama 45 menit. Ryan Air biasanya landing di Modlin. Untuk ke Centrum (tengah kota), transport dari dan ke Modlin (WMI) menggunakan modlinbus, bisa dipesan di https://www.modlinbus.pl/en/.

2. Kraków. Untuk ke tengah kota dari dan ke Airport bisa menggunakan bus dengan nomor 292 atau 208 selama 45 menit.

3. Wrocław. Untuk ke tengah kota dari dan ke Airport bisa menggunakan bus dengan nomor 406 selama 1 jam.

Dan masih banyak lagi, semua bisa dicek di aplikasi “Jakdojade.”

=========== TRANSPORT KE LUAR NEGARA ============

Transport ke luar Polandia yang menjadi pilihan mahasiswa-mahasiswa di sini adalah Ryan Air, Ecolines, dan Polskibus. Eurolines juga bagus tetapi agak mahal. Untuk pencarian pesawat jarak jauh yang murah bisa dicek atau beli di http://www.flipo.pl/.

=================================================

Sekian penjelasan dari saya. Bila ada yang tidak dimengerti, boleh menuliskan pertanyaan di kolom komentar. Saya juga menerima tambahan informasi dari teman-teman, mohon koreksinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.